Sabtu, 29 November 2008

REFLEKSI DIRI (tanggapan terhadap penerapan RPP dari Bapak Faijin dan Bapak Mintarjo)

REFLEKSI DIRI :
(tanggapan terhadap penerapan RPP dari Bapak Faijin dan Bapak Mintarjo)


Kegiatan belajar merupakan istilah untuk menyebut seluruh kegiatan siswa dalam proses belajar dalam rangka menguasai suatu kompetensi. Pusat utama proses pembelajaran di dalam kelas adalah siswa (student centered learning). Sebagai pusat belajar, siswa harus lebih aktif berkegiatan untuk membangun suatu pemahaman, ketrampilan, dan sikap/perilaku tertentu. Guru harus lebih berperan sebagai manager yang merancang serangkaian kegiatan yang harus dilakukan siswa, memberi pengantar, arahan, mendampingi siswa dan memberi umpan balik atau peneguhan pada proses pembelajaran. Guru yang kreatif akan memanfaatkan berbagai sumber belajar yang tersedia di sekitar siswa dan menciptakan kegiatan belajar yang inovatif sesuai dengan karakteristik siswa/lingkungan setempat. Sehingga sistematika kegiatan belajar perlu dibuat dengan baik agar kegiatan belajar yang berpusat pada siswa dan guru yang melaksanakan pembelajaran inovatif menjadi sebuah pembelajaran yang mutakhir.
Pendidikan yang berorientasi pada kualitas akan menghadapi tantangan yang tidak bisa ditanggulangi dengan paradigma yang lama (tradisoinal). Guru tidak cukup hanya menyampaikan materi pengetahuan pada siswa, yang dibutuhkan adalah kemampuan untuk mendapatkan dan mengelola informasi yang sesuai dengan kebutuhan. Proses pembelajaran bukanlah tugas yang sederhana, ia menuntut profesionalitas. Aktifitas pembelajaran yang dikelola secara terprogram , teratur dan mengikuti prinsip-prinsip pengelolaan serta kaidah-kaidah pembelajaran yang baik merupakan tuntutan yang semestinya dalam proses pembelajaran.
Pengembangan pembelajaran yang inovatif dan kreatif sesuai dengan kaidah akan lebih menjadi pembelajaran yang bermakna bagi siswa. Sehingga persiapan-persiapan pembelajaran yang matang diharapkan dapat mencapai tujuan belajar yang lebih optimal.

Oleh :
Nama : Imam Santoso (Sertifikasi Pendidikan)
N I M : 08301289004
Guru : SMP N 10 Tegal
E-mail : imamgoco@gmail.com

Tidak ada komentar: